Free Tail- Heart 1 Cursors at www.totallyfreecursors.com

My Blog

My Blog
Tulisan selalu dinanti......!!!!!!

Jumat, 27 November 2009

APAKAH YANG MENYEBABKAN TERJADINYA PELANGI ??

Pelangi terjadi karena adanya hujan. Akan tetapi, lebih tepatnya karena danya jutaan titik air hujan setelah hujan, serta matahari. Pelangi terjadi pada kondisi khusus. Kita dapat melihat adanya pelangi bergantung pada posisi antara pengamat dan matahari. Anda akan melihat pelangi, apabila posisi matahari membelakangi Anda.
Butiran-butiran air hujan bertebaran di atmosfer pada saat menjelang hujan atau sesudah hujan. Tetes air hujan berfungsi seperti prisma yang dapat membiaskan cahaya dan menghasilkan deretan warna yang berbeda-beda. Deretan warna yang berbeda-beda dinamakan spectrum. Spektrum cahaya disebabkan oleh dispresi cahaya.
Cahaya matahari yang jatuh pada permukan butiran air hujan (terdispersi) menjadi warna-warna sinar yang terlihat sebagai pelangi.
Cahaya matahari terurai menjadi spektrum oleh butiran air hujan pada permukaan atas. Spektrum sinar dipantulkan sempurna oleh permukaan dalam butiran air hujan. Spektrum sinar kemudian dibiaskan ke udara.
Peristiwa dispersi, pemantulan, dan pembiasan cahaya terjadi di tiap-tiap butir air hujan yang sangat banyak sehingga pelangi tampak melingkar di langit. Berkas sinar merah membentuk sudut 42 derajat atau 50 derajat terhadap berkas sinar matahari yang jatuh pada butiran air hujan. Berkas sinar ungu membentuk sudut 40 derajat atau 53 derajat. Pengamat yang membelakangi matahari akan melihat atau menerima sinar merah dan ungu sebatas sudut antara 42 derajat, 40 derajat, 50 derajat, dan 53 derajat sesuai dengan lengkungan bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar